Kumpulan Soal CPNS yang Wajib Kamu Pelajari Agar Lulus CPNS 2021


Lagi belajar soal CPNS ya ? ikuti terus artikel ini sampai habis ya kalau ingin lulus ujian CPNS tahun ini.

Menjadi seorang PNS atau abdi negara merupakan cita-cita banyak orang di indonesia. Mempunyai penghasilan tetap, beban dan tekanan kerja yang seimbang dan juga jaminan pensiun.

Menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu pekerjaan dambaan setiap calon mertua. Jika saat ini anda berencana untuk menjadi seorang abdi negara. Maka anda harus mempersiapkan diri dan mental dari sekarang.

Karena terdapat lebih dari 3 juta orang di Indonesia yang mengincar posisi PNS namun hanya ada sekitar 70.000 ribu saja posisi yang di sediakan setiap tahunnya.

Namun tidak perlu kawatir jika anda rajin belajar, mempersiapkan materi jauh-jauh hari dan percaya diri. Maka anda pasti dapat menyelesaikan ujian CPNS dengan nilai sempurna.

Kumpulan Contoh Soal CPNS 2021 TIU, TWK, TKP

Setelah anda memahami konsep dan materi serta kisi-kisi CPNS dari tahun sebelumnya sekarang anda perlu latihan soal sebanyak mungkin dan belajar sesuai kisi-kisi.

Berikut adalah contoh soal CPNS 2021 yang kami ambil dari situs mastahcpns

Contoh Soal TKP HOTS

Berikut adalah soal TKP pada ujian CPNS tahun sebelumnya disertai dengan pembahasan.

1. Anda adalah salah satu anggota karang taruna di lingkungan tempat anda tinggal. Salah satu kegiatan karang taruna tahunan adalah melakukan rekreasi wisata pemuda yang mana membutuhkan dana yang besar. Kegiatan ini batal dilakukan tahun lalu karena kekurangan dana untuk melaksanakan acara. Rapat bulanan karangtaruna membahas solusi permasalahan dari kekurangan dana sehingga acara tahunan tersebut dalam dilaksanakan pada tahun ini. Apa yang akan anda usulkan dalam rapat tersebut?

A. Kembali membatalkan acara rekreasi wisata karena membutuhkan dana yang besar dan tidak semua orang berpartisipasi diacara rekreasi wisata tersebut
B. Meminta anggota karang taruna untuk mengadakan acara dana usaha dan menggalang iuran dari warga sekitar untuk mendapatkan dana tambahan untuk mengadakan kegiatan tersebut
C. Mengusulkan untuk menggunakan dana desa yang diberikan pemerintah untuk menutup kekurangan dana kegiatan rekreasi wisata
D. Mengusulkan untuk menghapuskan kegiatan tahunan tersebut karena membutuhkan dana yang tidak sedikit
E. Mengusulkan kegiatan tahunan lain yang lebih bermanfaat daripada hanya sekedar rekreasi wisata sebagai kegiatan tahunan

Jawaban
Opsi A = 4, B = 5, C = 1, D = 2 dan E = 3

Contoh Soal TWK CPNS HOTS

Jika anda sudah mengetahui materi TKP sekarang saatnya anda belajar contoh materi TWK. Anda juga dapat melihat contoh soal lebih banyak lagi dari situs mastahcpns

1.Muzayanah adalah anak yang beragama Islam. Dewa adalah anak yang beragama Hindu, dan Angel adalah anak yang beragama Kristen. Pada suatu hari, mereka bertiga berencana rekreasi bersama-sama. Muzayanah memilih hari Minggu. Angel merasa keberatan jika rekreasi dilaksanakan di hari Minggu karena pada hari itu, Angel pergi ke gereja. Sebagai warga negara yang baik, apakah sikap yang harus dilakukan Dewa?

A. Mengadakan voting
B. Melakukan musyawarah
C. Mendukung pendapat Muzayanah
D. Mendukung pendapat Angel
E. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban : B
Terlepas dari Agama yang mereka anut, penekanannya adalah pada masalah terdapat perbedaan pendapat di antara ketiga anak tersebut. Sesuai dengan sila keempat pancasila, jika terjadi perbedaan pendapat, maka hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan musyafarah untuk mencapai kata mufakat. Voting dapat dilakukan jika kata mufakat gagal diraih. Jadi jawababan lebih condong ke b.

2.Ainun adalah istri dari B.J. Habibie. Pada film yang mengisahkan perjalanan hidup kedua tokoh tersebut, Ainun mendapat hadiah dari orang yang tak dikenal. Hadiah tersebut tergolong barang mewah, dan Ainun mengembalikannya. Jika kita berada di posisi Ainun, dan menerima gratifikasi, maka kita harus melaporkan selambat-lambatnya.....hari

A. 7 Hari
B. 14 Hari
C. 30 Hari
D. 60 Hari
E. 90 Hari
Kunci Jawaban : C

3.Penghayatan terhadap nilai-nilai pancasila harus di amalkan dalam kehidupan sehari hari, seperti kehidupan berbangsa dan bernegara seperti halnya demokrasi yang diberlakukan dan dilaksanakan ialah sesuai dengan:

A. Demokarasi Terpimpin
B. Demokrasi Liberal
C. Demokrasi Parlementer
D. Demokrasi Pancasila
E. Demokrasi Semi-Komunisme
Kunci Jawaban : D

4.Pada beberapa tahun terakhir terdapat banyak kasus penyerangan masjid maupun gereja dari ormas dengan agama tertentu dengan alasan membela agamanya.
Kasus tersebut merupakan wujud pelanggaran terhadap nilai Pancasila sila ke:

A. 1
B. 2
C. 3
D. 1 dan 3
E. 1 dan 2
Kunci Jawaban : E

5.Pada pasca kemerdekaan Indonesia, sempat terjadi berbagai peristiwa yang memancing timbulnya banyak pemberontokan yang menyebabkan kerusuhan yang merampas ketidakerayaan rakyat terhadap kepemimpinan pemerintah hingga timbul Dekret Presiden. Yang bukan termasuk isi dari Dekret Presiden pada tanggal 5 juli 1959 ialah:

A. Pembubaran konstituante
B. Pemberlakuan kembali UUD 1945
C. Penghapusan KNIP dan berganti menjadi Kabinet
D. Pembentukan MPRS dan DPAS
E. Penghianatan terhadap Pancasila
Kunci Jawaban : E

Contoh Soal TIU

Terakhir adalah materi soal TIU yang biasanya tidak berbeda jauh dari tahun ke tahun. Biasanya materi TIU terdiri dari aritmatika, kecepatan berhitung, soal gambar dan tes penalaran analitis.

Kumpulan Ebook dan Soal CPNS

Jika anda sudah memahami jenis soal CPNS dari ujian tahun sebelumnya. Sekarang anda perlu mempelajari berbagai materi sesuai kisi-kisi ujian yang ada.

Kisi-kisi ini juga bisa anda jadikan acuan saat anda ingin belajar. Pastikan hanya belajar materi sesuai kisi-kisi yang ada. Jadi Anda tidak perlu membuang waktu dengan mempelajari materi yang tidak ada pada kisi-kisi.

Salah satu kesalahan peserta ujian yang paling sering terjadi adalah tidak belajar sesuai kisi-kisi yang ada. Sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal.

Menurut pengalaman kami hampir semua buku fisik yang beredar dipasaran tidak menjelaskan materi sesuai kisi-kisi yang terbaru. Karena ujian CPNS biasanya baru dimulai di bulan maret-april dan kebanyakan buku yang beredar di pasaran sudah muncul di awal tahun.

Maka kisi-kisi dari buku fisik yang diterbitkan penerbit kebanyakan tidak sesuai dengan kisi-kisi terbaru. Sehingga anda harus mengakali hal ini dengan mempelajari materi dari banyak sumber.

Baik dari buku, youtube, kursus online dan tempat belajar lainnya. Meskipun semakin ekslusif tempat anda belajar biasanya anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar juga.

Jangan pelit untuk membeli buku atau mengikuti kursus apabila anda ingin lulus. Anggap saja itu merupakan biaya investasi yang perlu anda keluarkan. Karena begitu anda diterima sebgai CPNS uang yang anda keluarkan tidak akan sebanding dengan hasil yang anda dapat dan semua investasi anda akan kembali di bulan pertama.

Namun apabila anda tidak mempunyai budget yang cukup. Anda bisa belajar dari ebook gratis rajin mempelajari pembahasan soal CPNS dari berbagai sumber

Menurut kami setiap website bimbel cpns mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan anda. Namun kami tetap merekomendasikan setidaknya 3 situs diatas karena sudah terbukti baik kualitas dan kuantitas soalnya.Jangan takut untuk salah dan cobalah latihan soal cpns sebanyak mungkin dan sebanyak yang anda butuhkan. Karena semakin banyak variasi soal yang anda lakukan maka hasilnya juga akan semakin bagus.Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda mengeluarkan budget lebih untuk mendalami materi dan latihan soal cpns seperti yang dilakukan kompetitor anda.

  • Tips Lolos dalam mengerjakan Soal CPNS Online

    Jika ini adalah kali pertama anda mengikuti tes CPNS atau ini merupakan kedua kalinya anda mengikuti tes berikut. Baca tips berikut baik baik ya. Jangan meremehkan soal CPNS karena persaingan dalam mengerjakan soal CPNS memang benar-benar ketat.

    Pelajari Kisi-Kisi dari BKN

    Soal dari BKN selalu berubah setiap tahunnya karena memang di desain untuk menguji kemampuan anda sebenar-benarnya. Menggunakan soal tipe HOTS anda perlu memahami bagaimana cara menganalisa dan mencipta tidak hanya sekedar menghafalkan saja.

    Oleh karena itu pelajari terlebih dahulu kisi-kisi dari BKN sebelum memulai dan mendesain jadwal belajar.

    Buat Jadwal Belajar Soal CPNS

    Setelah anda memetakan kisi-kisi soal CPNS tahun ini dari BKN. Maka anda perlu membuat jadwal belajar sehingga materi yang ingin kamu pelajari dapat kamu serap semaksimal mungkin.

    Pahami apa yang akan jadi kelebihan dan kekuranganmu karena ada banyak sekali materi CPNS yang harus kamu pelajari. Ingat tidak semua soal CPNS tentang hafalan jadi persiapkan dirimu dan buat jadwal belajar yang konsisten.

    Anda masih punya waktu beberapa bulan sebelum ujian berakhir. Lebih baik anda membuat jadwal dengan beban belajar sedikit namun konsisten dan dapat anda lakukan setiap harinya daripada membuat jadwal dengan beban yang berlebihan namun tidak dapat anda lakukan secara konsisten.

    Percaya diri dan Simulasi Ujian CPNS

    Tahap terakhir setelah anda menguasai materi yang sering di ujikan pada Ujian CPNS. Maka anda bisa memulai untuk berlatih dan menyelesaikan simulasi ujian CPNS dari situs bimbel online.

    Ingat meskipun anda bisa menjawab semua soal. Ada batas waktu pada saat mengerjakan ujian CPNS sehingga anda harus mengerjakan seluruh soal dengan benar.

Soal TIU adalah salah satu materi yang bisa dikerjakan tanpa ada kesalahan dan dari tahun ketahun soalnya tidak jauh berbeda. Pastikan anda mendapatkan skor seratus untuk materi ini.

Dengan latihan sial inilah anda yang sebelumnya sudah belajar tentang konsep jadi belajar tentang bagaimana manajemen waktu dengan baik.  raidnaufal Kompasiana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL TES SELEKSI GURU HONORER PPKn PPPK 2021

Kabupaten Tangerang Usulkan 8.128 Kuota Bagi CPNS dan PPPK 2021

SOAL KOMPETENSI SOSIO KULTURAL SELEKSI PPPK 2021 PART 2