Formasi Lowongan CPNS yang Dibuka 2021

Ilustrasi PNS/Foto: (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi PNS/Foto: (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Sekitar 1,3 juta formasi yang kembali dibuka oleh pemerintah untuk lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun ini. Ada formasi apa saja?

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko mengatakan, pendaftaran akan dibuka pada awal kuartal II tahun ini.

"Rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Dan Juni mulai dilakukan seleksi," ujarnya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Saat ini Kementerian PAN-RB masih menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk keterangan lengkap lowongan CPNS. Jika sudah selesai maka akan segera diumumkan.

"Asumsinya jika tidak ada kebijakan yang bersifat darurat ya," kata Teguh. "Rincian angka detailnya akan diumumkan kemudian."

Berikut rincian 1,3 juta formasi CPNS yang dibuka tahun ini:

1. Satu juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda)

2. Untuk Pemda (dil uar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri dari, 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

3. Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK dan 50% CPNS. (sef/sef)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL TES SELEKSI GURU HONORER PPKn PPPK 2021

Kabupaten Tangerang Usulkan 8.128 Kuota Bagi CPNS dan PPPK 2021

SOAL KOMPETENSI TEKNIS GURU SELEKSI PPPK 2021